https://jurnalsains.id/index.php/sapphire/issue/feed Sapphire Journal of Early Childhood Education 2022-04-15T19:35:41+07:00 Redaktur penerbitmwi@gmail.com Open Journal Systems <p style="text-align: justify;"><strong>Sapphire Journal of Early Childhood Education</strong> is open access, peer-reviewed journal dedicated to publishing original research papers on early childhood education issues. This journal is likewise committed to making the articles it publishes available to international academicians, researchers, practitioners, regulators, and public societies for free.</p> <p style="text-align: justify;">The journal accepts rigorous empirical or theoretical research papers using any methodologies or approaches relevant to the early childhood education topics, as long as the research falls into one of three primary disciplines: early childhood education.</p> https://jurnalsains.id/index.php/sapphire/article/view/6 PEMANFAATAN WATER BOTTLE RECYCLING PADA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI 2022-04-14T16:50:16+07:00 Robiatul Adawiyah robiatuldirja@gmail.com Lita Kurnia litakurnia86@gmail.com Ana Khoeriah hanakhoir98@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui sejauh mana anak dapat menjaga lingkungan dengan adanya Pemanfaatan <em>Water Bottle Recycling </em>Pada Pembelajaran Anak Usia Dini di TK Al-Hidayah. (2) Untuk mengetahui sejauh mana guru lebih kreatif dalam pengelolaan daur ulang sampah ini dapat menarik minat anak untuk melakukan pembelajaran. (3) Untuk mengetahui perkembangan kreatifitas anak dalam menciptakan karya yang dapat menarik dan bermanfaat. Metode penelitian ini menggunakan jenis metode deskriptif kualitatif yaitu suatu teknik yang menggambarkan dan menginterpretasikan arti data-data yang terkumpul dengan memberikan perhatian dan merekam sebanyak mungkin aspek situasi yang diteliti pada saat itu, sehingga memperoleh gambaran secara umum dan menyeluruh tentang keadaan sebenarnya. Pemerolehan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara yang difokuskan pada pemanfaatan <em>Water Bottle Recycling </em>pada pembelajaran anak usia dini. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu Pemanfaatan <em>Water Bottle Recycling </em>dapat dijadikan sebagai Media pembelajaran yang dibuat dengan menggunakan botol air minum bekas yang didaur ulang dan dimanfaatkan menjadi media pembelajaran atau alat permainan edukatif (APE). Dalam penggunaan media hasil dari Pemanfaatan <em>Water Bottle Recycling </em>peneliti menemukan bahwa penggunaan media ini dapat mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak di TK Al- Hidayah seperti pada aspek nilai agama dan moral, kognitif, fisik motorik, seni, sosial emosional dan seni. Sedangkan pada aspek perkembangan belajar anak usia dini di TK Al-Hidayah pada media hasil <em>Water Bottle Recycling </em>seperti Media Pot Tanaman, Media Pesawat Mainan dan Media Hiasan Jendela, menunjukan bahwa perkembangan anak usia dini di TK Al-Hidayah lebih banyak berada pada penilaian Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB).</p> 2022-04-02T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 https://jurnalsains.id/index.php/sapphire/article/view/7 METODE MONTESSORI UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIF ISLAM 2022-04-14T16:58:34+07:00 Nida Adilah nidaadilah22@gmail.com Miftahul Ulfah miftahululfah@gmail.com Maratusyolihat Maratusyolihat maratusyolihatihat@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi mendidik bagaimana berinteraksi dengan al Qur’an menurut pemikiran Yusuf Qardhawi. Yusuf Qardhawi adalah tokoh islam yang meniscayakan pemikiran yang moderat dalam setiap lini kehidupan. Yusuf Qardhawi mengajarkan anak agar menjadi anak yang sholeh dan shalehah sesuai dengan harapan untuk membina&nbsp; dan&nbsp; mengarahkan&nbsp; agar&nbsp; memiliki&nbsp; karakter&nbsp; yang baik&nbsp; serta menyiapkan&nbsp; agar&nbsp; dapat&nbsp; hidup&nbsp; optimal&nbsp; dan&nbsp; bermanfaat&nbsp; bagi&nbsp;&nbsp; dirinya,&nbsp;&nbsp; keluarganya,&nbsp;&nbsp; masyarakat, maupun&nbsp;&nbsp; agama&nbsp;&nbsp; dan bangsanya. Kitab <em>Kaifa nata’amal Ma’a Al Qur’an </em>merupakan pelengkap atau penyempurna dari kitab sebelumnya. Dalam buku ini Qardhawi memberikan berbagai pandangan untuk semua orang secara umum tentang&nbsp; al-Qur’an itu sendiri. Beliau menjelaskan bagaiaman seseorang berinteraksi dengan al-Qur’an mulai dari bagaimana membaca, menghafal, memahami, menafsiri, mengikuti dan mengamalkannya. Bahasa yang digunakan cukup sederhana dan mudah dipahami oleh pembaca. Kandungan buku ini merupakan pemikiran-pemikiran beliau yang berkaitan dengan al-Qur’an.</p> 2022-04-07T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 https://jurnalsains.id/index.php/sapphire/article/view/9 BERMAIN POHON ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH 2022-04-15T19:35:41+07:00 Maratusyolihat Maratusyolihat maratusyolihatihat@gmail.com Mahmud Syukri mahmudsyukri@gmail.com <p>Pada umumnya yang kita ketahui belajar berhitung masih kurang diminati oleh peserta didik, terutama ditingkat dasar. Banyak masalah yang ditemukan ketika peserta didik mempelajari dalam bidang menghitung, atau yang kita ketahui mata pelajaran matematika. Mungkin banyak faktor sehingga matematika ini kurang diminati oleh peserta didik, terutama pada tingkat dasar. Padahal kemampuan mengenal angka merupakan kemampuan kognitif yang perlu dikembangkan pada anak usia dini. Media pohon angka dapat mempermudah anak dalam mengenal angka. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di madrasah ibtidaiyah Pasanggrahan Petir, kemampuan anak dalam mengenal angka masih rendah, sebagian anak masih belum mampu mengenal angka dan sebagian anak belum mengenal konsep bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam berhitung dengan menggunakan media pohon angka. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dimaksudkan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran yang sudah dilaksanakan oleh guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, paparan data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan kemampuan berhitung anak di MI Nurul Falah Pasanggrahan Petir setelah menggunakan media pohon angka mengalami peningkatan yang optimal.</p> 2022-04-14T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022