PERBEDAAN TILAWAH AL-QUR’AN METODE IFRAD DENGAN JAMAK DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AT ASYARAH
PDF (Bahasa Indonesia)

Keywords

qira’at alquran
qira’at asyarah
ifrad

How to Cite

Rezimon, R. (2022). PERBEDAAN TILAWAH AL-QUR’AN METODE IFRAD DENGAN JAMAK DALAM PEMBELAJARAN QIRA’AT ASYARAH. Maslahah: Journal of Islamic Studies, 1(1), 9–28. Retrieved from https://jurnalsains.id/index.php/maslahah/article/view/2

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui apa yang melatar belakangi lahirnya qira’at Alquran dan sejarah terjadinya perumusan qira’at asyarah? (2) Untuk mengetahui bagaimana aturan-aturan atau kaidah-kaidah qira’at asyarah dengan memperaktekkan bacaan al-qur’an dalam beberapa surat-surat pilihan? (3) Untuk mengetahui bagaimana pendapat para 10 Imam qira’at tentang perbedaan bacaan pada surat-surat pilihan menggunakan metode ifrad dalam mempraktekannya?  (4) Untuk mengetahui bagaimana pendapat para 10 Imam qira’at tentang perbedaan bacaan pada surat-surat pilihan menggunakan metode jamak dalam memperaktekannya? metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif (Analisis). Sumber data penelitian ini terdiri dari data primer, diambil dari dokumen-dokumen data kepustakaan berupa buku, kitab, jurnal, artikel, maupun bacaan lainnya yang terkait dengan objek penelitian ini. Sedangkan data sekunder merupakan sumber informasi yang diperoleh dari kajian dan talaqqi langsung kepada pakar dan para ahli yang berkaitan dengan objek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Bacaan Alqur’an para imam qira’at ‘asyarah pada seluruh surat dan ayat dalam al-Qur’an ternyata sangat variatif, terkhusus ayat-ayat pilihan yang dianalisis oleh peneliti. Ada ayat yang dibaca sama oleh kesepuluh imam, ada pula yang dibaca dengan cara berbeda yang disebabkan perbedaan pada kaidah usuliyah dan adanya beberapa farsyul huruf.

PDF (Bahasa Indonesia)

Metrics

Metrics Loading ...