BERMAIN POHON ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH
PDF (Bahasa Indonesia)

Keywords

media
pohon angka
kemampuan berhitung

How to Cite

Maratusyolihat, M., & Syukri, M. (2022). BERMAIN POHON ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH. Sapphire Journal of Early Childhood Education, 1(1), 25–30. Retrieved from https://jurnalsains.id/index.php/sapphire/article/view/9

Abstract

Pada umumnya yang kita ketahui belajar berhitung masih kurang diminati oleh peserta didik, terutama ditingkat dasar. Banyak masalah yang ditemukan ketika peserta didik mempelajari dalam bidang menghitung, atau yang kita ketahui mata pelajaran matematika. Mungkin banyak faktor sehingga matematika ini kurang diminati oleh peserta didik, terutama pada tingkat dasar. Padahal kemampuan mengenal angka merupakan kemampuan kognitif yang perlu dikembangkan pada anak usia dini. Media pohon angka dapat mempermudah anak dalam mengenal angka. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di madrasah ibtidaiyah Pasanggrahan Petir, kemampuan anak dalam mengenal angka masih rendah, sebagian anak masih belum mampu mengenal angka dan sebagian anak belum mengenal konsep bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam berhitung dengan menggunakan media pohon angka. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dimaksudkan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran yang sudah dilaksanakan oleh guru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, paparan data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan kemampuan berhitung anak di MI Nurul Falah Pasanggrahan Petir setelah menggunakan media pohon angka mengalami peningkatan yang optimal.

PDF (Bahasa Indonesia)