ANALISIS PERBEDAAN RASIO PROFITABILITAS PERBANKAN (ROA) SEBELUM DAN SESUDAH MENGADPOSI INTERNET BANKING TERHADAP PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)
PDF (Bahasa Indonesia)

Keywords

Adopsi Internet Banking
ROA

How to Cite

Rusdiono, R. (2023). ANALISIS PERBEDAAN RASIO PROFITABILITAS PERBANKAN (ROA) SEBELUM DAN SESUDAH MENGADPOSI INTERNET BANKING TERHADAP PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Zhafir: Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking, 1(1), 25–38. Retrieved from https://jurnalsains.id/index.php/zhafir/article/view/67

Abstract

Bank merupakan suatu lembaga keuangan yang memiliki peran yang sangat penting dan memiliki pengaruh terhadap perekonomian di Indonesia. dari adopsi e – banking di Indonesia merupakan salah satu adopsi teknologi yang berada pada tahap permulaan dengan potensi pengembangan yang menjanjikan. Hal ini diperkuat dengan peningkatan penggunaan internet yang didukung oleh semakin murahnya tarif internet. Untuk mengetahui adopsi internet banking, dilakukan dengan menggunakan data sekunder yang didapatkan dari laporan tahunan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang telah menggunakan internet banking.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan Uji T (T-Test) ROA memiliki nilai significance sebesar 0,545 yang lebih besar daripada 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tidak mengalami perbedaan yang signifkan antara sebelum dan sesudah adopsi internet banking. Ini dikarenakan kenaikan total asset tidak diimbangi dengan kenaikan total laba bersih yang diperoleh.

PDF (Bahasa Indonesia)