Abstract
Pesan dakwah merupakan sesuatu yang disampaikan oleh seorang da’i yang bertujuan mengajak umat atau masyarakat (mad’u) kepada kebaikan (ma’ruf). Hal ini berkenaan dengan aktivitas kehidupan secara umum yaitu baik dalam perspektif aqidah, ibadah, dan mu’amalah yang berlandaskan pada berdasarkan pada Al-Qur’an dan hadits Nabi Muhammad saw. Dalam mengkomunikasikan pesan dakwahnya seorang da’i dapatmenggunakan beberapa metode seperti lisan, tulisan, film dll. Pada penelitian ini penulis meneliti pesan yang disampaikan dai dalam bentuk teks atau Tulisan. Adapun teks/tulisan terebut adalah teks fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengenai pemilu tahu 2009. Di dalam teks fatwa tersebut dibahas mengenai ajakan agar masyarakat turut serta berpartisipasi menyampaikan aspirasinya memilih pemimpin dan juga wakilnnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualititatif dengan menggunakan metode analisis wacana kritis Teun A Van Dijk yang menggambarkan tiga aspek yaitu struktur makro, super struktur dan struktur mikro. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam teks fatwa MUI tersebut terkandung pesan-pesan dakwah terkait dengan ajakan, anjuran dan pencerahan menganai nilai dakwah Islamiyah.