PELAKSANAAN REHABILITASI SEKOLAH UNTUK MENGATASI MASALAH SISWA DI MA AL-MARDLIYAH
PDF (Bahasa Indonesia)

Keywords

Rehabilitas
Siswa
Preventif
Represif

How to Cite

Wahyudi, A., Yeni Maulidah, & Awaliah, R. (2022). PELAKSANAAN REHABILITASI SEKOLAH UNTUK MENGATASI MASALAH SISWA DI MA AL-MARDLIYAH. Kuttab: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 39–46. Retrieved from https://jurnalsains.id/index.php/kuttab/article/view/23

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui cara merehabilitasi siswa yang melanggar tata tertp sekolah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaif dengan jenis studi kasusu. Metode pengambilan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dengan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan: yang berperan dalam hal merehabilitasi siswa ialah guru bimbingan Konseling dan wakil ketua bagian kesiswaan Dimana guru bimbingan knseling yang di bantu oleh kesiswaan mampu dan dapat menangani permasalahan siswa. adapun metode yang di pakai yaitu metode pencegahan preventif yang melalui tata tertib dan dan undang-undan sekolah dan metode penindakan  yaitu represif melalui pembinaan, pemberian nasehat dan sebagainya. Dampak dari rehabilitasi siswa mampu menjadikan seorang siswa yang lebih terarah dan memiliki kontrol terhadap dirinya  dari perilaku yang tidak baik dan merugikan.

PDF (Bahasa Indonesia)