PENANGANAN DISIPLIN SISWA DI SMPN I SOKOBENAH SAMPANG
PDF (Bahasa Indonesia)

Keywords

disiplin
siswa
sekolah

How to Cite

Sunu, S., Nia Indah Sari, & Junaidi, M. (2022). PENANGANAN DISIPLIN SISWA DI SMPN I SOKOBENAH SAMPANG. Kuttab: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 47–54. Retrieved from https://jurnalsains.id/index.php/kuttab/article/view/24

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang penanganan siswa yang kurang disiplin. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaif dengan jenis studi kasusu. Metode pengambilan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dengan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

            Hasil penelitian menunjukkan: yang berperan dalam mendisiplinkan siswa adalah wali kelas menangani permasalahan siswa didalam kelas, waka kesiswaan melanjutkan permasalahan dari wali kelas dengan mencari dokumen siswa. guru BK bekerjasam dengan waka kesiswaan untuk menangai siswa dilapangan dan kepala sekolah berperan untuk menyetujui hasil dari penanganan siswa yang telah ditangani waka kesiswaan dan BK. Media yang digunakan absen, catatan siswa bermasalah dan buku pribadi siswa. Dampak penanganan disipilin siswa dapat menjadikan peserta didik lebih bersikap disiplin dan bertanggung jawab dan berprilaku atau bersikap yang lebih baik/positif.

PDF (Bahasa Indonesia)