PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PRODUK, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG CENGKARENG
PDF (Bahasa Indonesia)

Keywords

Kualitas Pelayanan
Produk
Lokasi
Kepuasan Nasabah

How to Cite

Terminanto, A. A. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PRODUK, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI CABANG CENGKARENG. Zhafir: Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking, 1(2), 119–134. Retrieved from https://jurnalsains.id/index.php/zhafir/article/view/76

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, produk, dan lokasi terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Mandiri cabang Cengkareng menunjukkan bahwa penelitian yang dilakukan terhadap 200 orang dianalisa menggunakan dengan metode kuantitatif dengan membandingkan 3 variabel yaitu variabel (X1) kualitas pelayanan, (X2) produk dan (X3) lokasi dengan variabel (Y) kepuasan nasabah. Adapun pengujian yang dilakukan meliputi uji reliabilitas dan uji validitas. Pengujian validitas dilakukan untuk mengetahui apakah semua pertanyaan (instrument) penelitian yang diajukan untuk mengukur variabel penelitian adalah valid. Jika valid berarti instrumen itu dapat digunakan untuk mengukur apa yang hendak diukur. Instumen yang reliabel belum tentu valid. Pengujian reliabilitas digunakan untuk mengukur konsistensi jawaban responden. Kriteria pengujian dilakukan dengan menggunakan Cronbach Alpha. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat dikatakan bahwa hubungan antara kualitas pelayanan, produk, dan lokasi dengan kepuasan nasabah memiliki hubungan yang sedang yaitu dengan nilai R sebesar 0,667. Adapun pengaruh kualitas pelayanan, produk, dan lokasi terhadap kepuasan nasabah adalah sebesar 44,5% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian.

PDF (Bahasa Indonesia)