PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH YOGYAKARTA

Authors

  • Nur Khamid Al Miroj UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Keywords:

pendidikan karakter, pondok pesantren

Abstract

Artikel ini membahas tentang pendidikan karakter di Pondok Pesantren Al-Barokah Yogyakarta yang merupakan lembaga pendidikan yang di dalamnya mengutamakan pembentukan kepribadian dan sikap mental santri sehingga dapat menjadi generasi penerus bangsa yang cemerlang dengan menanamkan nilai religius. Artikel ini dilatarbelakangi karena banyaknya perilaku negatif masyarakat yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari terutama di kalangan anak usia sekolah seperti pelecehan seksual, tawuran, bullying, dan kemerosotan toleransi umat beragama. Perilaku tersebut menjadi tanda Indonesia sedang krisis moral, dibutuhkan pendidikan yang dapat mengubah perilaku buruk menjadi lebih baik. Artikel ini beragumen bahwa konsep pelaksanaan pendidikan karakter diajarkan pada santri dalam setiap kegiatan dengan tujuan untuk memperbaiki karakter dan sikap santri dalam kehidupan bermasyarakat. Nilai yang ditanamkan yaitu nilai religius, kemandirian dan tanggung jawab. Untuk mencapai keberhasilan maka setiap kegiatan dan peraturan yang ada diwajibkan bagi seluruh santri dan bagi santri yang melanggar akan dikenakan sanksi.

Published

2022-04-20

How to Cite

Al Miroj, N. K. (2022). PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH YOGYAKARTA. Hartaki: Journal of Islamic Education, 1(1), 23–34. Retrieved from https://jurnalsains.id/index.php/hartaki/article/view/17

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.