PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH YOGYAKARTA
PDF (Bahasa Indonesia)

Keywords

pendidikan karakter
pondok pesantren

How to Cite

Al Miroj, N. K. (2022). PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH YOGYAKARTA. Hartaki: Journal of Islamic Education, 1(1), 23–34. Retrieved from https://jurnalsains.id/index.php/hartaki/article/view/17

Abstract

Artikel ini membahas tentang pendidikan karakter di Pondok Pesantren Al-Barokah Yogyakarta yang merupakan lembaga pendidikan yang di dalamnya mengutamakan pembentukan kepribadian dan sikap mental santri sehingga dapat menjadi generasi penerus bangsa yang cemerlang dengan menanamkan nilai religius. Artikel ini dilatarbelakangi karena banyaknya perilaku negatif masyarakat yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari terutama di kalangan anak usia sekolah seperti pelecehan seksual, tawuran, bullying, dan kemerosotan toleransi umat beragama. Perilaku tersebut menjadi tanda Indonesia sedang krisis moral, dibutuhkan pendidikan yang dapat mengubah perilaku buruk menjadi lebih baik. Artikel ini beragumen bahwa konsep pelaksanaan pendidikan karakter diajarkan pada santri dalam setiap kegiatan dengan tujuan untuk memperbaiki karakter dan sikap santri dalam kehidupan bermasyarakat. Nilai yang ditanamkan yaitu nilai religius, kemandirian dan tanggung jawab. Untuk mencapai keberhasilan maka setiap kegiatan dan peraturan yang ada diwajibkan bagi seluruh santri dan bagi santri yang melanggar akan dikenakan sanksi.

PDF (Bahasa Indonesia)